Perbedaan Antara Hijab, Jilbab, Kerudung dan Khimar, Sebarkan Supaya Yang Lain Jadi Tahu..

Banyak muslimah yg tdk tahu Ketidaksamaan Pada Hijab, Jilbab, Kerudung serta Khimar. Mereka sering gagal memahami dalam memaknainya, Terlebih mereka yg sedang belajar menggunakan jilbab atau hijab pasti menginginkan tahu dgn tentu ketidaksamaan arti kata itu.

Manfaat menjawab rasa penasaran wanita muslimah, kali detiksiana7 akan mengulas Ketidaksamaan Pada Hijab, Jilbab, Kerudung serta Khimar singkatnya serta pastinya bakal diperlengkapi dengan gambar penunjang. mudah-mudahan dapat gampang di mengerti serta berguna.

Apa Ketidaksamaan Hijab serta Jilbab

Hijab (bhs Arab : حجاب hijab) yaitu satu kata dalam bhs Arab yg bermakna penghambat. Pada sebagian negara yg memakai bhs Arab dan negara-negara Barat, kata “hijab” seringkali mengacu pada kerudung yg dipakai oleh wanita muslim. Tetapi dalam keilmuan Islam serta study syariat, hijab lebih pas mengacu pada tata cara kenakan pakaian yg layak sesuai sama tuntunan agama.

Ada yg menyebutkan juga kalau tiap-tiap jilbab yaitu hijab, namun tdk semuanya hijab itu jilbab, seperti yg terlihat. Seperti diterangkan diatas, hijab datang dari kata hajaban yg berarti menutupi, dengan kata lain Hijab yaitu suatu hal yg menutupi suatu hal.

Hijab menurut Al Quran berarti penutup pada umumnya, dapat berbentuk gorden pembatas, kelambu, papan pembatas, serta pembatas atau aling-aling yang lain. Memanglah kadang-kadang kata hijab ditujukan utk arti jilbab.

Mengenai arti lain dari hijab yaitu suatu hal yg menutupi atau menghambat dianya. Di indonesia sendiri terdapat beberapa jenis – jenis hijab.

Apa arti jilbab?

jilbab (Arab : جلباب) yaitu baju muslim terusan panjang menutupi semua tubuh terkecuali tangan, kaki serta muka yang umum dipakai oleh beberapa wanita muslim. Pemakaian type baju ini berkaitan dengan tuntunan syariat Islam untuk memakai baju yang tutup aurat atau di kenal dengan arti hijab (dalam arti seperti diperlihatkan dalam artian hijab diatas)

Jadi, jilbab adalah baju yang longgar serta dijulurkan ke semua badan sampai mendekati tanah hingga tidak membuat lekuk badan. Hal semacam ini tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59 :

“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke semua badan mereka…”

Dengan terminologi, dalam kamus yang dikira standard dalam Bhs Arab, jilbab bermakna selendang atau baju lebar yang digunakan wanita untuk menutupi pada, dada serta sisi belakang badannya.

Baca Juga :

Dari info di atas, kita dapat ambil rangkuman kalau jilbab biasanya yaitu baju yang lebar, longgar serta menutupi semua sisi badan. Sedang hijab yaitu satu pembatas atau aling-aling yang menutupi aurat. Memanglah kadang-kadang dalam pemakaiannya, kata hijab disimpulkan jadi jilbab.

Apa arti khimar?

Khimar atau khumur atau kerudung (kudung, tudung dalam bhs jawa) didalam Al-Qur’an kerudung dimaksud dengan arti khumur, seperti ada pada surat An Nuur ayat 31 : “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur : 31)

Khimar menutupi kepala, leher serta menjulur sampai menutupi dada wanita dari belakang ataupun dari depan (termasuk juga menutupi tulang selangka).

Khimar adalah baju atas atau penutup kepala. Design baju ini yakni menutupi kepala, leher serta menjulur sampai menutupi dada wanita dari belakang ataupun dari depan (termasuk juga menutupi tulang selangka).

Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karna bila hal itu dikerjakan, jadi bakal memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar mesti menjulur lurus kebawah dari kepala ke semua dada tertutupi.

Khimar kerapkali dimaksud kerudung, namun sesungguhnya dua hal semacam ini tidak sama. Perintah Khimar ada dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar yaitu apa yang bisa menutupi kepala, leher serta dada tanpa ada menutupi muka.

Apa ketidaksamaan pada khimar serta kerudung atau kudung?

Kerudung nyaris serupa dengan khimar, tetapi kerudung tidak disarankan dalam Islam. Sebab, design kerudung hanya jadi penutup kepala saja. Kerudung yang cuma untuk penutup kepala, tidak selama khimar yang dapat menutupi dada wanita sekalian.

Kerudung cuma tutup kepala atau leher saja, Tetapi bentuk lekuk badan di bagian leher serta dada masih tetap tampak.

Sekian sedikit penjabaran mengenai Ketidaksamaan Hijab, Jilbab, Khimar Serta Kerudung yang mudah-mudahan berguna untuk kita semuanya.

Aamiin

https :// akspediaislam27. blogspot. co. id/2016/09/ketidaksamaan-antara-hijab-jilbab-kerudung. html

Subscribe to receive free email updates: