Orang Tua Wajib Tahu !!! Inilah Cara Mengatasi Step / Stuip / Kejang Demam Pada Bayi Dan Balita.!! Bantu Share Ya Agar Lebih Bermanfaat.!!

Kej4ng, baik yang dibarengi demam atau tidak, bisa beresiko fatal. Itulah penyebabnya, setelah berikan pertolongan pertama, bawa selekasnya si kecil ke rumah sakit.

Kej4ng sendiri berlangsung dikarenakan ada kontr4ksi otot yang sangat berlebihan kurun saat spesifik tanpa ada bisa dikendalikan. Satu di antara penyebabnya terjadinya kej4ng demam yaitu tingginya suhu badan anak. Timbulnya kej4ng yang diimbangi demam ini diistilahkan sebagai kej4ng demam (c0nvalsi0 febrillis) atau stuip/step.

Masalahnya, toleransi semasing anak pada demam begitu beragam. Pada anak yang toleransinya rendah, jadi demam pada suhu badan 38 C juga sudah bisa membuatnya kej4ng. Sebentar pada anak-anak yang toleransinya normal, kej4ng baru dihadapi bila suhu badan sudah meraih 39 C atau lebih.

SEGERA BAWA KE DOKTER 

Untuk menghindar banyak hal yg tidak dikehendaki, disarankan agar orang-tua sesegera mungkin saja berikanlah pertolongan pertama demikian tahu si kecil alami kej4ng demam.

Lalu, janganlah tunggu waktu lagi bawa selekasnya si kecil ke dokter atau klinik paling dekat. Jangan sampai terpaku cuma pada lamanya kej4ng, entah cuma sebagian detik atau demikian menit. Begitu, si kecil akan peroleh perlakuan setelah itu yang pas dari sebagian pakar. Biasanya dokter akan berikan obat penurun panas, sekalian membekali obat untuk mengatasi kej4ng dan anti kej4ng.

“Sebagai pertolongan pertama, tidak usah membawanya segera ke rumah sakit komplit yang letaknya relatif lebih jauh lantaran bebrapa dapat si kecil memperoleh kemungkinan yang lebih beresiko dikarenakan lambat peroleh pertolongan pertama. ”

Selain itu, apabila kej4ng demam tidak selekasnya memperoleh perlakuan harusnya, si kecil juga ter4ncam akan terkena retardasi mental. Pasalnya, kej4ng demam bisa mengakibatkan rusaknya sebagian se3l otak anak. Jadi, apabila kej4ng itu jalan dalam periode waktu yang lama, jadi peluang sebagian s3l yang rusak pasti akan semakin banyak. Tidaklah tidak mungkin tingkat kecerdasan anak akan alami penurunan mencolok serta tidak bisa lagi berkembang dengan cara optimal.

Bahkan juga beberapa permasalahan kej4ng demam bisa menyebabkan epilepsi pada anak. Yg tidak kalah penting, sekian anaknya terkena kej4ng demam, orang-tua harus juga ekstra hati-hati. Soalnya, dalam satu tahun pertama setelah peristiwa, kej4ng sama atau jadi yang lebih hebat berpeluang terulang kembali.

Untuk menghadapinya, sediakanlah obat penurun panas serta obat anti kej4ng yang telah diresep-kan dokter anak. Walaupun demikian, orangtua jangan sampai kelewat cemas. Karena dengan perlakuan yang pas serta selekasnya, kej4ng demam yang jalan sekian waktu umumnya tidak mengakibatkan permasalahan manfaat otak.

CIRI-CIRI KEJ4NG 

Pastinya dalam soal sejenis ini orang-tua harus bisa membaca sinyal tanda seorang anak yang terserang kej4ng demam. Satu diantaranya :

ke-2 kaki serta tangan kaku diimbangi sebagian gerakan kejut yang ku4t dan kej4ng-kej4ng selama 5 menit. bola mata berbalik ke atas
gigi terkatup
munt4h
seringkali si anak berhenti napas sesaat.
pada sebagian permasalahan tidak bisa meng0ntr0l pengeluaran buang air besar/kecil
pada masalah berat, si kecil sering tak sadarkan diri. Tentang intensitas waktu kej4ng juga sangat beragam, dari sebagian detik sampai beberapa puluh menit.

TIPS ATASI KEJ4NG DEMAM 

Berikut beberapa penjelasan tentang kej4ng serta demam pada anak : . Suhu badan normal anak sekitaran pada 36-37 C. Si kecil dinyatakan demam jika temperatur badannya yang diukur lewat mulut/telinga tunjukkan angka 37, 8 C ; lewat r.e.k.t.u.m 38 C, serta 37, 2 C lewat ketiak. Sebelumnya semakin tinggi, selekasnya berikan obat penurun panas. .

Orang-tua jangan sampai demikian mudah menyampaikan seorang anak demam atau bukan hanya dengan tempelkan punggung tangannya di dahi anak. Cara barusan terang tidak akurat karena begitu dipengaruhi oleh kepekaan serta suhu badan orang-tua sendiri.

Termometer air raksa dipercaya yaitu langkah yang paling cocok untuk mengukur suhu badan. Pengukuran suhu badan akan lebih akurat jika termometer itu ditempatkan di rongga mulut atau r.e.k.t.u.m/a.n.u.s di banding ketiak.

Waktu hadapi si kecil yang tengah kej4ng demam, sebisa-bisanya cobalah berlaku tenang. Sikap cemas hanya akan bikin kita tidak paham harus berbuat apa yang mungkin saja akan buat penderitaan anak lebih kronis.

Janganlah pakai alk*oh*ol atau air dingin untuk turunkan suhu badan anak yang tengah demam. Pemakaian alk*oh*ol sangat berpeluang mengakibatkan iritasi pada mata serta intoksikasi/keracunan.

Lebih aman pakai kompres air umum yang ditempatkan di dahi, ketiak, serta lipatan paha. Kompres ini mempunyai tujuan turunkan suhu di permukaan badan. Turunnya suhu ini diinginkan berlangsung lantaran panas badan dipakai untuk menguapkan air pada kain kompres. Penurunan suhu yang mencolok malah tidak dianjurkan.

Janganlah beberapa cobalah memberi aspirin atau type obat yang lain yang memiliki kan*dun*gan salisilat lantaran disangka bisa menyebabkan sindroma Reye, semacam penyakit yang termasuk langka serta memengaruhi kerja lever, d4r4h, serta otak.

Sesudah anak betul-betul sadar, bujuklah ia untuk banyak minum serta konsumsi makanan berkuah atau buah-buahan yang banyak ter*kan*du'ng air. Dapat berbentuk juice, 5u5u, teh, serta minuman yang lain. Dengan hal tersebut, ca!ran badan yang menguap akibat suhu tinggi dapat cepat tergantikan.

Janganlah selimuti si kecil dengan selimut tebal. Selimut serta baju tebal serta tertutup malah akan tingkatkan suhu badan serta menghambat penguapan. Baju ketat atau yang mengikat sangat kenc4ng baiknya ditanggalkan saja.

YANG BISA DILAKUKAN ORANG TUA 

Selekasnya berikan obat penurun panas demikian suhu badan anak melalui angka 37, 5 C.
Kompres dengan lap hangat (yang suhunya lebih kurang sama juga dengan suhu tubuh si kecil). Janganlah kompres dengan air dingin, lantaran bisa mengakibatkan “korsleting”/benturan ku4t di otak pada suhu panas badan si kecil dengan kompres dingin tadi.
 
Supaya si kecil tidak cedera, pindahkan benda-benda ker4s atau taj4m yang ada dekat anak. . Tidak butuh menahan mulut si kecil supaya tetaplah terbuka dengan mengganjal/menggigitkan suatu hal diantara giginya. . Miringkan posisi badan si kecil supaya pasien tidak menelan ca!ran munt4hnya sendiri yang dapat mengganggu pernafasannya.
 
Janganlah berikan minuman/makanan selekasnya sesudah berhenti kej4ng lantaran cuma akan berpeluang bikin anak tersedak.

KEJ4NG TANPA DEMAM 

Pemicunya berbagai macam. Yang utama, jangan pernah berulang serta berjalan lama lantaran bisa mengakibatkan kerusakan beberapa s3l otak. Menurut dr. Merry C. Siboro, Sp. A, dari RS Metro Medical Centre, Jakarta, kej4ng yaitu kontr4ksi otot yang terlalu berlebih diluar kehendak.

“Kej4ng-kej4ng peluang dapat berlangsung apabila suhu tubuh bayi atau anak sangat tinggi atau dapat pula tanpa ada dibarengi demam. ”

Kej4ng yang dibarengi demam dimaksud kej4ng demam (convalsio febrilis). Umumnya dikarenakan ada satu penyakit pada badan si kecil. Contoh, demam tinggi akibat inf3ksi saluran pernafasan, r4dang telinga, inf3ksi saluran cerna, serta inf3ksi saluran k.e.m.i.h. Sedang kej4ng tanpa ada demam yaitu kej4ng yang tidak dibarengi demam. Banyak juga berlangsung pada anak-anak.

BISA DIALAMI SEMUA ANAK 

Keadaan kej4ng umum terlihat dari tubuh sebagai kaku serta bola mata berbalik ke atas. Keadaan ini umum dimaksud step atau kej4ng toniklonik (kejet-kejet). Kej4ng tanpa ada demam dapat dihadapi semuanya anak balita. Bahkan bayi baru l4hir.

Biasanya lantaran ada kelainan bawaan yang mengganggu manfaat otak hingga bisa mengakibatkan munculnya bangkitan kej4ng. Dapat pula akibat trauma l4hir, ada inf3ksi-inf3ksi pada bebrapa waktu paling akhir l4hir, sistem kel4hiran yang sulit hingga beberapa oksigen tidak masuk ke otak, atau menanggung derita kepala besar atau kecil.

Bayi yang l4hir dengan berat diatas 4. 000 gr dapat pula berisiko alami kej4ng tanpa ada demam ketika lewat saat neonatusnya (28 hari setelah dil4hirkan).

“Ini umumnya dikarenakan ada kisah ibu menanggung derita diabetes, hingga anaknya alami hip0glemi (ganggguan gula dalam d4r4h). Dengan hal tersebut, tidak demam juga, dia dapat kej4ng. ”
Setelah itu, si bayi dengan masalah hip0glemik akibat kenc!ng manis ini akan rawan pada kej4ng. “Contohnya, telat di beri minum saja, dia segera kej4ng. ” Uniknya, bayi prem4tur malah tidak sering sekali menanggung derita kej4ng. “Penderitanya semakin banyak bayi yang cukup bln.. Disangka lantaran system sarafnya telah prima hingga lebih rawan dibanding bayi prem4tur yang memanglah belum sempurna. ”

JANGAN SAMPAI TERULANG 

Utama di perhatikan, apabila anak pernah kej4ng, ada peluang dia dapat kej4ng lagi. Walau sebenarnya, kej4ng tidak bisa dilewatkan berulang terkecuali juga tidak bisa berjalan lama atau kian lebih 5 menit. Apabila berlangsung bisa memb4hay4kan anak.

Masalahnya, setiap saat kej4ng anak alami asfiksi atau kekurangan oksigen dalam d4r4h. “Setiap menit, kej4ng dapat menyebabkan rusaknya beberapa s3l pada otak, lantaran terhambatnya aliran oksigen ke otak.

Pikirkan apa yang berlangsung apabila anak bolak-balik kej4ng, berapakah ribu s3l yang akan rusak? Tidak ada aliran oksigen ke otak ini dapat menyebakan beberapa beberapa s3l otak alami rusaknya.

”Kerusakan di otak ini bisa mengakibatkan ep!lepsi, kelumpuhan, bahkan juga retardasi mental. Oleh karena itu, pada anak yang pernah kej4ng atau memiliki bakat kej4ng, sebaiknya orangtua selalu memonitor supaya janganlah berlangsung kej4ng berulang.

DIMONITOR TIGA TAHUN 

Resiko berulangnya kej4ng pada anak-anak, biasanya bergantung pada type kej4ng dan ada atau tidaknya kelainan neur0logis berdasar pada hasil EEG (elektroensefalografi). Diantara bayi yang alami kej4ng neonatal (tanpa ada demam), akan berlangsung bangkitan tanpa ada demam dalam 7 th. pertama pada 25% masalah. Tujuh puluh lima % diantara bayi yang alami bangkitan kej4ng itu bakal jadi ep!lepsi.

Harus diupayakan, dalam tiga th. setelah kej4ng pertama, janganlah ada kej4ng tersebut.

Dokter akan mengawasi selama tiga th. selanjutnya, sesudah kej4ng pertama datang. Apabila dalam tiga th. itu tidak ada kej4ng lagi, walau hanya dalam sebagian detik, jadi untuk setelah itu anak itu memiliki pr0gn0sis baik. Berarti, tidak berlangsung kelainan neur0logis serta mental.

Namun, bagaimana bila sesudah diobati, nyatanya di th. ke-2 berlangsung kej4ng lagi? “Hitungannya mesti diawali lagi dari th. pertama. ”Pokoknya, periode waktu yang dikira aman untuk monitoring yaitu selama tiga th. sesudah kej4ng.

Jadi, selama tiga th. sesudah kej4ng pertama itu, si anak mesti bebas kej4ng. Anak-anak yang bebas kej4ng sepanjang tiga th. itu serta selanjutnya, biasanya bakal baik serta pulih. Terkecuali pada anak-anak yang memanglah mulai sejak l4hir telah mempunyai kelainan bawaan, seumpama kepala kecil (mikrosefali) atau kepala besar (makrosefali), dan bila ada tumor di otak.

RAGAM PENYEBAB 

“Kej4ng tanpa ada demam dapat datang dari kelainan di otak, bukanlah datang dari otak, atau aspek keturunan, ” penjabarannya satu per satu berikut ini.

* Kelainan neurologis Tiap-tiap penyakit atau kelainan yang mengganggu manfaat otak dapat menyebabkan bangkitan kej4ng.

Contoh, akibat trauma l4hir, trauma kepala, tumor otak, r4dang otak, perd4rah4n di otak, atau kekurangan oksigen dalam jaringan otak (hip0ksia).

* Bukanlah neurologis Dapat dikarenakan masalah elektrolit d4r4h akibat munt4h serta diare, gula d4r4h rendah akibat sakit yang lama, kurang konsumsi makanan, kej4ng lama yang dikarenakan epilepsi, masalah metab0l!sme, masalah peredaran d4r4h, keracunan obat/z4t k!m!a, alergi serta cac4t bawaan.

* Aspek keturunan Kej4ng akibat penyakit lain seperti epilepsi umumnya datang dari keluarga yang mempunyai kisah kej4ng demam sama. Orangtua yang pernah alami kej4ng pada saat kecil baiknya siaga lantaran anaknya berisiko tinggi alami kej4ng yang sama.

WASPADAI DI BAWAH 6 BULAN 

Orangtua harus siaga apabila anak sering kej4ng tanpa ada demam, terlebih dibawah umur 6 bln., Lantaran peluangnya untuk menanggung derita epilepsi besar.

Masalahnya, kej4ng pada anak dibawah 6 bln., terlebih pada saat neonatal itu berbentuk khas. “Bukan cuma seperti toniklonik yang sampai kini kita kenal, namun juga berbentuk beberapa gerakan lain. Contoh, matanya juling ke atas lantas bergerak-gerak, bibirnya kedutan atau tangannya seperti tremor.

Dokter umumnya siaga, namun bila kej4ngnya berlangsung dirumah, umumnya tidak sering ibu yang ng3h. ” Tersebut penyebabnya, orangtua mesti memerhatikan benar keadaan bayinya.


MENOLONG ANAK KEJ4NG 

Janganlah cemas, selekasnya longgarkan bajunya serta terlepas atau buang semuanya yang menghalangi saluran pernafasannya. Jadi bila tengah makan mendadak anak kej4ng, atau ada suatu hal di mulutnya waktu kej4ng, selekasnya mengeluarkan.

Miringkan badan anak lantaran biasanya anak yang tengah kej4ng keluarkan ca!ran-ca!ran dari mulutnya. “Ini sebenarnya air liur yang banyak jumlahnya lantaran saraf yang mengatur kel3njar air l!ur tidak termonitor lagi.

Bila tengah kej4ng, kan, saraf pusatnya terganggu. Bukan hanya air l!ur, air mata juga dapat keluar. ” Manfaat memiringkan badan yaitu agar ca!ran-ca!ran ini segera keluar, tak menetap di mulut yang jadi berisiko menyumbat saluran napas serta jadi parah kondisi.
 
Janganlah mudah percaya kalau meminumkan kopi pada anak yang tengah kej4ng dapat segera hentikan kej4ng itu. “Secara medis, kopi tidak bermanfaat untuk menangani kej4ng. Kopi malah bisa mengakibatkan terhalangnya pernafasan apabila diberikan waktu anak alami kej4ng, yang jadi dapat mengakibatkan kem4t!an. ”
Selekasnya bawa anak ke rumah sakit paling dekat, jangan pernah otak kelamaan tidak memperoleh oksigen. “Usahakan lama kej4ng tidak kian lebih tiga menit. Sediakan obat anti kej4ng yang dianjurkan dokter apabila anak memanglah pernah kej4ng atau miliki kisah kej4ng. ”

PENATALAKSANAAN 

Penatalaksaan kej4ng mencakup : 

1. Perlakuan waktu kej4ng* Hentikan kej4ng : Diazepam dosis awal 0, 3 – 0, 5 mg/kgBB/dosis IV (Suntikan Intra Vena) (perlahan) atau 0, 4-0, 6mg/KgBB/dosis REKTAL SUPPOSITORIA. Apabila kej4ng belum bisa terselesaikan bisa diulang dengan dosis yang sama 20 menit lalu.

* Turunkan demam :

Anti Piretika : Paracetamol 10 mg/KgBB/dosis PO (Per Oral/melalui mulut) diberikan 3-4 kali satu hari.

Kompres ; suhu 39º C dengan air hangat, suhu 38º C dengan air umum.

* Penyembuhan penyebabnya : antibiotika diberikan sesuai sama tanda-tanda dengan penyakit dasarnya.

* Perlakuan sportif yang lain mencakup : lepaskan jalan nafas, pemberian oksigen, memberi keseimbangan air serta elektrolit, pikirkan keseimbangan tekanan d4r4h.

2. Mencegah Kej4ng* Mencegah berkala (intermiten) untuk kej4ng demam simpel dengan Diazepam 0, 3 mg/KgBB/dosis PO (Per Oral/melalui mulut) serta anti piretika ketika anak menanggung derita penyakit yang dibarengi demam.

* Mencegah kontinu untuk kej4ng demam komplikata dengan Asam vaproat 15-40 mg/KgBB/dosis PO (per oral/melalui mulut) dibagi dalam 2-3 dosis.

ANAK EPILEPSI HARUS K0NTR0L SETIAP 3 BULAN 

Mereka yang berisiko menanggung derita epilepsi yaitu anak-anak yang l4hir dari keluarga yang memiliki kisah epilepsi. Terkecuali juga anak-anak dengan kelainan neurologis sebelumnya kej4ng pertama datang, baik dengan atau tanpa ada demam.

Anak yang sering kejang memanglah punya potensi menanggung derita epilepsi. Namun janganlah cemas, anak yang menanggung derita epilepsi, terkecuali yang l4hir dengan kelainan atau masalah perkembangan, dapat tumbuh serta berkembang seperti anak-anak yang lain. Prestasi belajar mereka tidak kalah dengan anak yang normal.

Jadi, kita tidak butuh mengucilkan anak epilepsi lantaran dia dapat berkembang normal seperti anak-anak yang lain. “Yang utama, ia teratasi dengan baik. Umumnya bila anak itu kerap kej4ng, dokter akan berikan obat yang dapat menjaganya agar jangan pernah kej4ng lagi.

Pada anak epilepsi, konsentrasi perawatannya yaitu jangan pernah berlangsung kej4ng lagi. Karenanya, butuh k0ntr0l, sekurang-kurangnya tiap-tiap 3 bln. supaya monitoring dari dokter jalan selalu. ”


sumber : doktersehat. com

Subscribe to receive free email updates: