YANG BERAGAMA ISLAM HARUS BACA Inilah Hukum Memakai"Mukena" Warna Warni Dan Bermotif Ketika Shalat Di Masjid !!! (( Harap Di Baca Dan Juga Di Bagikan, Terimakasih ! ))

Hukum kenakan mukenah warna warni dan bermotif waktu shalat di masjid. Simak selengkapnya… 


, saat ini begitu banyak mukenah yang cantik dan fashionable namun kenyataannya tidak dapat kita pakai saat shalat berjamaah terutama apabila shalat di masjid. Mengapa demikian? 

Mukenah dengan warna-warni cantik bercahaya dan bermacam motif seperti polkadot, bunga, dan yang lain tentunya bisa mengundang perhatian orang lain. 

Sesaat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan kita untuk hindari pakaian yang mengundang perhatian orang. Beliau bersabda : 
yang berarti : 

“Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, jadi Allah akan memberinya pakaian hi*na pada hari kiamat. ” (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth). 

“Maksud hadist, seseorang tidak dapat memakai pakaian yang begitu bagus dan indah, sampai mengundang perhatian sebagian orang. Atau memakai pakaian yang demikian jelek –lusuh-, sampai mengundang perhatian beberapa orang. Yang pertama, penyebabnya karena sangat berlebihan sesaat yang ke-2 lantaran perlihatkan sikap begitu pelit. Yang terbaik yaitu pertengahan. ” (al-Mabsuth, 30 : 268) 

Ada lagi penjelasan mengenai mak*ruhnya menggunakan mukena yang ada gambar atau motif kepadanya. 

 " Dimak*ruhkan sholat menggunakan baju/mukena yang ada gambar. " (Nihayatuzzain hlm 48) 

 " Diantara kema*kru*han shalat yaitu shalat yang di hadapannya ada satu hal yang bisa jadi fokus perhatiannya seperti gambar hewan atau yang lain. Namun jika gambar-gambar itu tidak menarik perhatian jadi tidaklah mak*ruh. Ini yaitu pendapat dari madzhab Malikiyah serta Syafi'iyah. " (Al Fiqh ala Madzahi al Arba'ah juz 1 hal 252) 

Demikianlah, mudah-mudahan bisa jadi perhatian kita bersama. 
Terima kasih telah membaca serta saya mohon sudilah untuk membagikan informasi ini

Subscribe to receive free email updates: