(( KISAH NYATA )) BAHAYA RUMPUT FATIMAH,,MOHON DISEBARLUASKAN INFORMASI INI, SAYA DAN ANDA SEMUA MEMPUNYAI TANGGUNG JAWAB UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI INI KEPADA SIAPA PUN KARENA INFORMASI INI BISA `MENYELAMATKAN` NYAWA SESEORANG.

Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story) 
by Dr. Suryo Bawono, SpOG 

Saya akan bercerita diantara momen yang pernah saya alami. Waktu itu saya sedang berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai deskripsi, RSUD Banyumas waktu itu adalah rumah sakit negeri yg cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang. 


Saya terima pasien yg datang dengan keha*mi*lan pertama, umur keha*mi*lan 9 bln. serta sudah mulai masuk per*sali*nan dengan kontraksi ra*h*im yg teratur dan pembukaan 2 cm lebih kurang jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung ja*nin perlihatkan kalau ja*nin dalam keadaan baik dan dapat lakukan per*sa*li*nan. Ber*hu*bung pembukaan masihlah kecil, jadi pasien diistirahatkan di kamar sambil menanti pembukaan bertambah. 

Saat itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 dengan kata lain 24 jam dan 7 hari. Saat saya tengah istirahat sore jam 7an malam, mendadak saya dikagetkan berita dari bidan rawat yg memberitahukan kalau pasien itu kesakitan dan saat dikerjakan perekaman jantung nyatanya denyut jantung sudah tidak ada dengan kata lain ja*nin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien sebagian marah dan menyalahkan saya serta perlakuan yang didapatkan. 

Saat saya kerjakan kontrol, saya temukan kondisi yg tidak wajar. Pembukaan masihlah 2-3 cm dengan kon*tra*ksi yg sangat ku*at yang seperti kon*tra*ksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya terasa tentu ada yang tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, adakah diberikan `sesuatu` awalannya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya mengecek ke kamar pasien adakah yang mencurigakan sambil saya senantiasa mengumpulkan informasi dari keluarga pasien. 

Mereka tetap masih berupaya menyalahkan perlakuan tempat tinggal sakit atas meninggalnya ja*nin itu. Namun selanjutnya bidan jagalah temukan ada rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien itu mengaku. 

Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini di luar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui kalau `rumput fatimah` (Labisa pumila) datang dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bhs arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai dampak uterotonik dengan kata lain bisa mengakibatkan kon*tra*ksi rah*im. 

Kon*tra*ksi ra*him yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar per*sali*nan`. Walau demikian ukuran dosis tidak dapat di yakinkan, dengan hal tersebut batas aman juga sulit ditetapkan. Kalau satu zat bisa menyebabkan kon*tra*ksi, jadi dalam kadar rendah bisa `memperlancar per*sa*li*nan`. Tetapi pada kan*du*ngan yg tinggi ada bahaya yg mengintai, yaitu dapat menyebabkan kon*tra*ksi yang terlalu berlebih atau ov*er (arti medisnya : hiper*stimu*lasi). Kondisi berikut yang sangat memiliki resiko karena bisa mengakibatkan ja*nin tidak mampu sampai dapat meninggal, atau bahkan ra*him yg tidak mampu hingga bisa ro*bek dan menyebabkan meninggalnya ibu dan ja*nin. 

Oleh karenanya, saya senantiasa himbau untuk semuanya pasien, keluarga pasien, kenalan, rekanan, tetangga dan sebagainya agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sampai sekali-kali konsumsi rumput Fatimah ini saat ja*nin masihlah didalam perut, namun apabila bayi telah la*hir, silahkan saja ingin minum seberapa banyak anda menginginkan akan tidak ada permasalahan. 

Mohon disebarluaskan info ini, saya serta anda semuanya memiliki tanggung jawab untuk mengemukakan info ini pada siapa juga lantaran info ini dapat `menyelamatkan` nyawa seorang.

Subscribe to receive free email updates: