ANDA SEMUA WAJIB BACA PENTING BAGI KESEHATAN " BEGINI CARA MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN RUMAH TANGGA


Bagaimana Berikan pertolongan pertama apabila berjalan kecelakaan dirumah anda? Pasti kita tidak ingin alami hal hal dibawah ini namun kadang-kadang musibah tidak bisa dijauhi. PERLU TAU nih Tips pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) 

Kecelakaan di rumah tangga dapat dikelompokan jadi 2 group besar : 
Murni kecelakaan (trauma fisik, panas, kim*ia, dan sebagainya) 
Kedaruratan medik (umumnya lantaran penyakit yang terserang seperti kejang, tidak sadar, ngamuk, dsb). 

Beberapa momen kecelakaan yang kerap dijumpai di rumah tangga : 

Mema
Memar berjalan karena trauma/benturan benda keras. Jatuh ke lantai terbentur meja tembok. terlihat ada benjolan dibagian yang terantuk, kadang-kadang diimbangi wama kebiruan (dapat terlihat esok hari). Benjol dan kebiruan lantaran karena pembuluh darah dibagian yang diserang benturan pecah dan darah masuk kejaringan sekitarnya. 

Langkah mengatasinya apabila tidak ada luka selekasnya dikompres dingin dibagian yang terbentur. untuk menghindar jadi lebih banyak darah yang merembes ke jaringan, kurangi udema (pembengkakan). 

Pada hari itu dilihat situasi pembengkakan berkurang atau tidak. Pada periode ini penatalaksanaan ditujukan untuk kurangi/singkirkan pembengkakan. Langkah yang digunakan dengan berikan kompres panas selama 3-5 menit, untuk melebarkan pembutuh darah setempat, lalu dikompres dingin selama 1-2 menit. 
Hal sejenis ini ditangani 4 - 5 kali sehari sampai bengkak menghilang, saat kerjakan kompres panas suhu panas janganlah pernah mengakibatkan luka bakar. Kompres panas dapat menggunakan air panas dalam kantong atau mungkin saja dengan obat pemanas kulit (salep/krim/balsam). Penggunaan obat yang ditempatkan pada kulit perlu diperhatikan efeknya. 

Untuk memar yang berjalan di sekitar mata, misalnya diserang tinju. 
Langkah penatalaksanaan sama yaitu dalam 24 jam pertama diberikan kompres dingin, kemudian kompres panas dingin bertukar-ganti. 
Laserasi atau Luka Parut 
Lantaran karena benda keras yang menyebabkan rusaknya permukaan kulit, misalnya karena jatuh saat lari. Permukaan kulit yang rusak mengakibatkan berjalan perdarahan. Banyak perdarahan tergantung dari tempat luka, dalam dan luas luka. 

Langkah menangani luka parut, jika ada perdar*ahan dihentikan dahulu dengan menekan segi yang mengeluarkan da*rah dengan kasa steril atau kain bersih. bersihkan dan bersihkan sekitar luka dengan air dan sabun. 

Luka dibersihkan dengan kasa. Perhatikan pada luka, jika dijumpai benda asing (kerikil, kayu, atau benda lain) keluarkan. Jika kenyataannya luka terlalu dalam, rujuk ke rumah sakit. Setelah bersih dapat diberikan anti-infeksi lokal seperti povi*don iod*ine atau kasa anti-infeksi. 

Terpotong atau teriris
Karena oleh benda tajam, bentuk lukanya teratur dan dalam, perdarahan cukup banyak, terutama apabila ada pembuluh darah arteri yang putus terpotong. 

Langkah mengatasinya pertama, menangani perdar*ahan lebih dahulu yakni ditangani dengan menekan segi yang mengeluarkan darah dengan menggunakan kasa steril atau kain yang bersih. 
Jika ada pembuluh nadi yang ikut terpotong, dan cukup besar, ditangani pembalutan torniquet, dengan menempatkan tali/ikat pinggang/saputangan dibagian pada luka dan jantung lewat cara melingkar, lantas dengan menggunakan sepotong kayu/ballpoint tali/ikat pinggang/saputangan tadi diputar sampai lilitannya benar-benar kencang. Pembebatan torniquet ditangani pada lengan atas atau paha. Pembebatan di tempat lain tidak akan efektif. Pada luka yang teriris dioles anti infeksi lantas ditutup kasa steril. 

Luka Bakar 
Lantaran diserang api, tersiram air panas, minyak panas, sampai kuah masakan yang panas. 
Luka bakar dibedakan atas, luka bakar kering umumnya karena api, sengatan listrik, logam panas ; luka bakar lantaran cairan panas, air mendidih, uap panas, minyak panas, dan sebagainya ; luka bakar lantaran zat kimia, asam pekat, alkali pekat, dan sebagainya. 

Tanda sinyal luka bakar sesuai sama sama tingkat keparahannya, 
Luka bakar mudah rasa panas dan nyeri, kemerah-merahan dibagian yang diserang panas, kadang-kadang ada pembengkakan. 
Luka bakar tengah cirinya segi yang diserang lebih dalam dari permukaan kulit, rasa panas dan nyeri lebih hebat, kecuali kemerahan juga nampak gelembung yang di isi cairan. 
Luka bakar berat cirinya jaringan yang diserang lebih dalam sampai jaringan di bawah kulit, terlihat ada jaringan yang mati (kehitaman). 

Hal yang perlu diperhatikan kecuali kedalaman luka bakar juga luas permukaan kulit yang diserang trauma panas. Penatalaksanaan luka bakar tergantung pada tingkat keparahannya. 


Luka bakar ringan 
Derajat mudah apabila luas kurang dari 50% atau derajat tengah dengan dengan luas kurang dari 15 % atau derajat berat kurang dari 2%. Segi yang diserang panas dikompres dengan air dingin atau dialiri air dingin. Jika terlalu luas selekasnya rujuk kerumah sakit. Segi yang melepuh jangan sampai dipecah, tetapi ditutupi. Tidak dianjurkan mengolesi luka bakar dengan odol/kamfer, kondisi ini jadi akan memperberat situasi luka bakar dan akan menambah penderitaan, lantaran saat bersihkan akan terasa sakit. 

Luka Bakar Tengah
Derajat mudah dengan luas kian lebih 50%, derajat tengah dengan luasc15-30%, atau derajat berat dengan luas kian lebih 2 % perlu selekasnya dirujuk ke rumah sakit dengan menutupi segi yang diserang panas. 

Luka bakar berat. 
Lebih kritis dan lebih luas dari situasi luka bakar tengah, selekasnya rujuk ke rumah sakit yang lengkap. Obat-obatan yang diperlukan pada luka bakar, terutama jika permukaan kulit terbuka, yaitu anti infeksi yang diperoleh lewat cara beri/temaal untuk menghindar kemungkinan terinfeksi. 
Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan karena dapat meneror korban luka bakar yaitu kehilangan cairan tubuh (dehidrasi), karena permukaan kulit yang rusak, infeksi, cacat tubuh karena ada jaringan parut dikarenakan luka bakar (kontraktur). Untuk luka bakar karena zat kim*ia perlu penatalaksanaan khusus, lewat cara umum luka bakar dialiri air dingin lebih lama (20 - 30 menit), tutup dengan kain halus, dan rujuk ke rumah sakit

Subscribe to receive free email updates: